Cara Perawatan Penyakit Kulit Vitiligo

Cara Perawatan Penyakit Kulit Vitiligo


Cara Perawatan Penyakit Kulit Vitiligo,- Orang yang terkena Vitiligo sebaiknya segera diatasi, karena apabila dibiarkan Vitiligo bisa mengakibatkan kanker kulit, dan apabila sudah meluas penderita Vitiligo akan merasakan panas dan kulitnya memerah saat terkena paparan sinar matahari atau terkena air hangat.
Berikut ini beberapa hal yang mungkin bisa cara mengobati atau mengatasi Vitiligo.

Treatment Streoid topical

Ini adalah tratment yang paling sederhana dan terkadang efektif untuk mengatasi masalah Vitiligo pada daerah yang kecil dan sempit, yaitu dengan mengoleskan krim yang mengandung steroid pada  bagian yang mengalami Vitiligo. Namun demikian, apabila Vitiligo tidak kunjung membaik atau malah mengakibatkan efek samping maka segera hentikan treatment ini.

Phototerapy dengan cahaya UVB

Menyinari kulit yang terkena vitiligo dalam jumlah kecil dengan lampu UVB adalah langkah sederhana kedua yang bisa dilakukan, karena metode ini dapat dilakukan dengan menggunakan lampu kecil. Jadi penderita tidak perlu bolak-balik ke klinik hanya untuk melakukan terapi ini, namun sebaiknya pasien menanyakan kepada dokter ahli kulitnya mengenai metode ini.

Namun apabila daerah vitiligo nya terlalu besar maka dianjurkan untuk melakukan penyinaran UVB ini di rumah sakit, sehingga penanganan nya akan jauh lebih baik dan kemungkinan akan dikombinasikan dengan treatment lainnya untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Phototerapy dengan cahaya UVA

Treatment penyinaran dengan Sinar ultraviolet (UVA) adalah treatment yang sering dilakukan klinik rumah sakit untuk mengatasi Vitiligo. Sebuah obat yang disebut prosalen akan diberikan guna meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar ultra violet saat pasien melakukan terapi sinar UVA ini. Biasanya kulit yang terkena Vitiligo akan disinari Ultra Violet A dengan dosis tinggi.

Untuk mendapatkan perbaikan yang maksimal, biasanya pasien harus melakukan beberapa sesi terapi, dan kemajuan akan terlihat biasanya setelah 6-12 bulan terapi, dengan sesi dua kali terapi dalam satu minggu.

Donor melanosit – Suction Blister Grafting

Cara lain untuk mengatasi Vitiligo adalah dengan cara donor melanosit yang disebut dengan tindakan suction blister grafting dalam treatmen ini bagian kulit yang terkena Vitiligo diambil di bagian atasnya sehingga tidak merusak kulit.

Kamuflase kulit

Dalam banyak kasus, saat kelainan kulit vitiligo masih dianggap ringan, area dengan bercak putih dapat disamarkan dengan kosmetik dan makeup berwarna. Meski demikian penderita harus pandai dalam memilih warna yang paling cocok dengan warna kulitnya. Jika kosmetik dan make-up diterapkan dengan benar, maka ini akan bertahan selama 12-18 jam di wajah, dan hingga 96 jam di seluruh tubuh. Usahakan aplikasi yang digunakan bersifat anti air atau water-proof.

Semua treatment diatas memang tidak memberi jaminan akan keberhasilan untuk mengatasi Vitiligo, namun banyak juga yang berhasil mengurangi vitiligo dengan cara di atas. Semuanya tidak instan, butuh kesabaran untuk menjalaninya. Segera lakukan konsultasi pada dokter ahli kulit jika Anda menemukan bercak putih yang tidak biasa pada tubuh Anda, hal ini sangat berguna supaya kelainan ini tidak semakin meluas di tubuh Anda.

Berikut ini adalah terapi pengobatan herbal yang sangat ampuh dalam menyembuhkan penyakit vitiligo. Jika anda tertarik, silahkan klik artikel ini ⇒ Obat Penyakit Kulit Vitiligo





Baca juga artikel pengobatan lainnya :
Previous
Next Post »

Seorang penulis bukanlah apa-apa tanpa kritikan dari pembacanya. Berkomentarlah dengan bijak yah :D ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment